UPP Buka Penjaringan Calon Rektor, Syaratnya Pernah Publikasi Jurnal Internasional

0
173

PASIR PANGARAIAN – Panita Penjaringan Rektor Universitas Pasir Pangaraian (UPP) Kabupaten Rohul, resmi buka kesempatan bagi insan cendikia terbaik Indonesia untuk menduduki jabatan Rektor di UPP periode 2021-2025.

Bagi para bakal calon rektor disamping harus memenuhi persyaratan umum, juga disyaratkan harus pernah mempublikasikan Jurnal Internasional minimal 5 tahun terakhir.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Panitia Penjaringan Calon Rektor UPP, Jenewar Efendi. Untuk syarat melampirkan bukti pernah mempublikasikan Jurnal internasional minimal 5 tahun terakir bersifat wajib sesuai Peraturan yang sudah ditetapkan oleh YPRH.

Dengan syarat itu Jenewar berharap, Rektor UPP terpilih nantinya dapat memotivasi para Dosen dan Mahasiwa untuk melakukan Fungsi penelitian sesuai Tridharma Perguruan Tinggi.

“Kami ingin agar kampus UPP kembali menjadi kampus bergairah dalam melakukan penelitian. Sehingga Rektor UPP kedepan, haruslah seorang yang memiliki rekam jejak dan pernah melakukan penelitian dengan bukti sudah di Publikasikan dalam jurnal internasional,” harap Jenewar Senin (1/3/2021) di kampus UPP.

Kemudian, selain melampirkan Publikasi Jurnal Internasional 5 tahun terakhir, Bakal calon Rektor yang berminat juga diharuskan memenuhi persyaratan sehat rohani dibuktikan dari Surat Keterangan Rumah Sakit Jiwa dan bebas Narkoba dibuktikan surat keteragan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Jenewar menyatakan, menjamin dalam seleksi Calon Rektor UPP periode 2021-2025 dipastikan akan berlangsung secara transparan. Beberapa persyaratan yang dinilai multi tafsir sudah diperjelas.

Seperti terkait persyaratan izin pimpinan yang pada penjaringan sebelumnya dinilai multi tafsir. Pada penjaringan rektor 2021-2025, izin pimpinan tersebut hanya diperuntukan bagi pelamar dari luar UPP. Sementara pelamar dari Internal UPP tidak diperlukan izin dari Rektor.

“Jadi untuk internal baik Dosen ataupun Ka. Prodi di UPP tidak lagi diperlukan izin Rektor. ini demi menghadirkan pemilihan Rektor yang demokratis serta mengeliminir terjadinya politik kepentingan dari Rektor Incumben yang ingin maju kembali dalam pemilihan Rektor”.

Jenewar menambahkan, dalam proses pendaftaran dan penyerahan berkas akan dilakukan secara online. Dokumen persyaratan yang diperlukan diupluod langsung melalui Webite www.pilrek.upp.ac.id.

“Mengenai informasi terkait persyaratan dan dokumen persyaratan yang harus di upload pelamar bisa mengirim melalui website kami sebelum tanggal 10 Maret 2021” terangnya.

Usai penerimaan berkas ditutup, 12 Maret 2021 panitia penjaringan calon Rektor akan melakukan verifikasi berkas. Hasil verifikasi berkas tersebut nantinya diumumkan pada tanggal 13 Maret 2021.

“Bagi pelamar yang syaratnya masih kurang atau lupa, panitia masih memberikan waktu perbaikan tanggal 15 hingga 17 Maret 2021. Hal ini bertujuan agar tidak ada yang merasa dirugikan karena masalah khilafiah,” tegasnya.

Setelah masa perbaikan selesai, 18 Maret 2021 Panitia akan melakukan verifikasi hasil perbaikan berkas. Pengumuman Kelulusan Administrasi sekaligus penyerahan berkas calon Rektor yang lulus administrasi ke YPRH dilakukan tanggal 19 Maret 2021.

“Bagi calon Rektor akan menyampaikan visi dan misi terpisah ke YPRH pada tanggal 22 Maret 2021 dan kepada senat UPP pada tanggal 25 Maret 2021,” ucapnya.

Dari penyampaian visi dan misi tersebut, YPRH akan minta pertimbangan kepada Senat UPP untuk kemudian Rektor UPP terpilih ditetapkan pada 30 Maret 2021.

“Kami berharap 1 April 2021, Rektor UPP sudah defenitif tidak lagi dijabat Plt,” tegas Jenewar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here